11:04:00 PM
0
JAKARTA – Alunan Petikan sape yang membawakan instrumen lagu nasional Tanah Airku oleh musisi kondang Kalimantan Barat Fery sape’ menyedot pengunjung Mall Ciputra yang berada di Jakarta Barat. Sape adalah alat musik khas dayak yang mirip gitar yang suaranya bisa membuai setiap orang yang mendengarkannya.
Acara yang berlangsung Jumat (29/7) di Mall Ciputra Jakarta Barat ini melaksanakan pameran pariwisata dan ekonomi kreatif Pemerintah Kabupaten Landak. Hadir Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, Anggota Watimpres Sidarto Danusubroto, perwakilan kementerian pariwisata RI dan tamu undangan lainnya.
Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pemkab Landak tersebut, menampilkan Stand-stand mulai kuliner khas Kabupaten Landak, kerajinan tangan, dan seni rajah badan atau tatto Sehingga perhatian pengunjung salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di Ibukota dari lantai satu hingga tujuh tertuju kepada panggung tersebut.
Bupati Landak Adrianus Asia Sidot mengungkapkan bahwa pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata Kabupaten Landak yang sangat khas dan beragam.
“Potensi wisata Kabupaten Landak sangat kaya dan beragam juga kaya akan sejarah terutama kebudayaan suku Dayak Kanayatn berupa seni tari, pahat, Naik Dango, rumah Batang Sahapm dan masih banyak lagi,” ujarnya.
Kata Adrianus, selain kaya akan seni dan budaya, Landak juga kaya akan wisata sumber daya alam seperti wisata air terjun, manangar atau sering disebut miniatur niagara. wisata flora dan fauna dan yang terkenal adalah batu intan merah muda yang sangat langka dan mahal.
Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Landak dalam memperkenalkan potensi wisata daerahnya ke masyarakat luas.
“Ini adalah salah satu upaya pintar daerah dalam memajukan potensi wisata daerahnya. Saya berpesan agar terus lakukan upaya marketing yang bagus dan massif agar turis mengenal dan berkunjung. Pemerintah daerah harus fokus memperkenalkan yang unik dan khas dari daerah,” ujar Oso.
Gubernur Cornelis dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan seperti ini dan dirinya mengungkapkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu yang vital bagi peningkatan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat. Karena dengan datangnya seorang wisatawan akan membuat multiplier efek perekonomian termasuk jasa transportasi dan penginapan.
Pemerintah bertekad mengembangkan sektor pariwisata karena memiliki dampak positif ekonomi yang sangat luas. Baru-baru ini orang nomor satu di Kalbar itu mengapresiasi program ekonomi hijau, yakni pemanfaatan kawasan hutan sebagai tujuan wisata dengan tetap menjaga kelestariannya.

0 comments:

Post a Comment

Peringatan: berilah komentar yang sopan, komentar yang tidak sopan tidak akan kami publish!