5:45:00 AM
0
KAPUAS HULU - Kini, Dusun Mungguk Desa Rantau Prapat Kecamatan Embaloh Hulu Kapuas Hulu, sudah terang benderang malam hari dan tidak menggunakan obor minyak tanah lagi setelah
Dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH, Selasa (27/10). Hadir Penjabat Bupati Kapuas Hulu, Marius Marcellus Tj. Ketua Tim Penggerak  PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, SPd.

Dibangun menggunakan dana APBD provinsi Kalimantan Barat sebesar 1,7 milyar lebih. Listrik dengan sumber energi matahari tersebut berkapasitas 15 kwp (Kilo Watt Peak)  mampu melistriki 60 Kepala Keluarga terutama di rumah panjang Dusun Mungguk dan sekitarnya.

Menurut Cornelis, pembangunan PLTS ini merupakan keseriusan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, termasuk untuk siswa belajar malam hari, "Mohon dikelola dengan baik," ujar cornelis.

Menurut Cornelis, pembangunan PLTS ini merupakan implementasi nawacita Presiden Joko Widodo, yang secara lengkap yaitu, swasembada pangan, pembangunan jalan dan jalan tol, pembangunan trans kereta api, poros jalan perbatasan, pembangunan pelabuhan laut atau tol laut, pemenuhan kebutuhan listrik rakyat, pembangunan irigasi, menghentikan kegiatan illegal logging, darurat Narkoba.

Namun menurut orang nomor satu di Kalbar itu, pelaksanaannya bertahap disesuaikan dengan kemampuan pemerintah. Cornelis meminta supaya Kepala Dinas Pertambangan dan energi Provinsi Kalimantan Barat Agar menginventarisasi potensi energi di Kapuas Hulu dan di kabupaten lain di Kalbar, termasuk listrik dari sosekmalindo untuk perbatasan, saat ini baru dimulai pembangunan Sutet mulai dari Bengkayang sampai Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Barat Alfridus Anjioe mengungkapkan, di Provinsi Kalimantan Barat sampai 2015 telah dibangun beberapa pembangkit yang memanfaatkan energi baru terbarukan dengan sumber dana APBN, APBD Provinsi/Kabupaten Kota dan BUMN diantaranya, PLTM 1 Unit, PLTMH 20 Unit, PLTS terpusat dengan kapasitas total 290 KWp 19 lokasi, SHS 9.273 unit, SKEA 1 Unit, hybrid surya dan angin 1 unit, total kapasitas 3,233 MW.

Kepala Desa Rantau Prapat, Benediktus Bertus sangat bersyukur kepada pemerintah Provinsi dan pusat yang sudah memberikan penerangan listrik pada masyarakat desanya walau dengan kapasitas terbatas, "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur," ujar Bertus.

Kami berharap desa tetangga seperti Desa Lauk dan Batu Lintang suatu saat bisa dipikirkan pemerintah agar mereka juga bisa menikmati penerangan pada malam hari.
(By: HC)
Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH bersama ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis, SPd. Didampingi Pj Bupati Kapuas Hulu meninjau instalansi PLTS di dusun Mungguk Desa Rantau Prapat Embaloh Hulu Kapuas Hulu, Selasa (27/10)

0 comments:

Post a Comment

Peringatan: berilah komentar yang sopan, komentar yang tidak sopan tidak akan kami publish!